Syarat Pembuatan Paspor

paspor-274x300

Paspor Republik Indonesia adalah Dokumen Negara yang dikeluarkan oleh Pemerintah RI untuk mempermudah melakukan perjalanan antarnegara yang memuat identitas pemegang paspor dan berlaku selama jangka waktu yang ditentukan. berikut dibawah ini adalah syarat pembuatan paspor

A. Syarat Untuk WNI (Warga Negera Indonesia)
Bagi anda warga asli Indonesia yang ingin membuat paspor untuk pergi ke luar negeri berikut persyaratannya :
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
2. Kartu Susun Keluarga (KSK).
3. Akta Lahir / Ijazah / Buku Nikah.
4. Paspor Lama (Bagi yang sudah punya)

B. Syarat Untuk Anak WNI (Warga Negera Indonesia)
Bagi anak anda warga asli Indonesia yang ingin membuat paspor untuk pergi ke luar negeri berikut persyaratannya :
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (milik Orang Tua).
2. Kartu Susun Keluarga (KSK) milik Orang Tua.
3. Akta Lahir
4. Ijazah
5. Buku Nikah (milik Orang Tua).
6. Paspor Lama (Bagi yang sudah punya) milik Orang Tua.

C. Syarat Untuk WNA (Warga Negera Asing)
Bagi anda yang bukan warga asli Indonesia (WNA) yang ingin membuat paspor untuk pergi ke luar negeri berikut persyaratannya :
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
2. Kartu Susun Keluarga (KSK).
3. Akta Lahir.
4. Buku Nikah.
5. Surat Bukti Kewarganegaraan (WNI)
6. Surat Keterangan Ganti Nama (Jika Ada)

D. Syarat Untuk Anak WNA (Warga Negera Asing)
Bagi anak anda yang bukan warga asli Indonesia (WNA) yang ingin membuat paspor untuk pergi ke luar negeri berikut persyaratannya :
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (milik Orang Tua).
2. Kartu Susun Keluarga (KSK).
3. Akta Lahir.
4. Buku Nikah.
5. Surat Bukti Kewarganegaraan (WNI) milik Orang Tua.
6. Surat Keterangan Ganti Nama (Jika Ada).
7. Paspor Lama (Bagi yang sudah punya) milik Orang Tua.

E. Syarat Untuk Calon TKI (Tenaga Kerja Indonesia)
Bagi anda warga asli Indonesia yang ingin menjadi TKI berikut syarat-syarat membuat paspor :
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
2. Kartu Susun Keluarga (KSK).
3. Akta Lahir.
4. Surat Rekomendasi Permohonan Paspor Calon TKI yang diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi / Kabupaten / Kota.
5. Buku Nikah.
6. Paspor Lama (Bagi yang sudah punya)

Note : Untuk Harga Bisa Hubungi Costumer Care Kami.

539 Responses to “Syarat Pembuatan Paspor”

  1. adriana says:

    Bagaimana menghubungi kantor anda m

  2. alex says:

    Pak kalau pakai KTP fotocopy bisa ga pak… KTP ilang.. Dan lagi ngurus..

  3. Hetri says:

    Bagaimana bila yang mengajukan paspor orang tua (60th) yang tidak memiliki akta kelahiran / ijasazah / buku nikah ? apakah cukup ktp & KSK saja ? tks

  4. ade_weh says:

    saya calon TKI ke Korea,gimana cara bikin paspor untuk TKI …? terima kasih.

  5. Sarah says:

    Pak, jika menggunakan jasa bapak apakah harus tetap datang untuk foto/wawancara ke kantor bapak?
    atau bisa melalui kantor imigrasi terdekat?
    thanks

  6. diani hendriani tjantaka says:

    selamat siang pa
    mohon infonya apakah pada saat datang ke Kanim persyaratan seperti ijazah/akta lahir/buku nikah harus dibawa semua atau salah satu diantaranya
    trima kasih

  7. sodirin says:

    Kalau ga ada ijazah sama akte biisa ga yac

  8. victoria says:

    Pak , maap mau nanya kalo paspor saya suda habis tahun lalu bs diperpanjang dengan cara yg sama? Dan butuh brp lama bikin baru ya? Terima kasih banyak sebelumnya.

    • Budiarjo says:

      paspor walaupun mati 5 tahun yang lalu itu jatuhnya perpanjang. karena apa? bisa selesai 10hari kerja kalau urus sendiri. atau mau lewat jasa bantu kami silahkan bisa langsung kontak 081228292004.

  9. iggy says:

    Pagi pak..
    Kalau selain kk,ktp, bisa pke surat nikah aja, atau mesti ketiganya (ijazah,buku nikah, akte kelahiran?
    Maksih ya..

  10. Adhietya Poetra says:

    Siang pak, ada yg mau saya tanyakan, pada penulisan nama ayah, sepertinya saya sudah jelas dan benar dalam memasukan identitasnya,begitu saya printed alhasil nama ayah ke ganti nama ibu, sedangkan nama ibu sama, tempat tgl lahir benar? Hanya nama ayah saja, apakah ini bermasalah di kantor imigrasi di tempat saya mendaftar?lalu untuk mengubahnya apa yg mesti saya lakukan?saya h2c pak, ditakutkan proses dr awal lagi, termasuk bayar gy gara2 nama ayah berubah nama ibu :(…makasih pak..mohon solusinya.

    • Maharani Intan says:

      Saya mempunyai masalah sama persis dgn anda. tiba2 nama ayah berubah menjadi nama ibu. padahal waktu input sudah benar. mohon petunjuk apa yang harus saya lakukan?

  11. andre says:

    Pak Klo paspor saya hilang tp saya gx Pnya fotocopi’y…sya jg gx tau nmr paspor’y brapa…..gmn pak biar sya bisa buat paspor lg

  12. andre says:

    Pak Klo paspor saya hilang tp saya gx Pnya fotocopi’y…sya jg gx tau nmr paspor’y brapa…..gmn pak biar sya bisa buat paspor lg

    • Budiarjo says:

      pasapor hilang bukan bikin baru lagi. akan tetapi harus urus paspor hilang.

      jika paspor anda adalah paspor umum 48H kami bisa bantu asalkan dokumen anda benar. akan tetapi jika dokumen dulu adalah nembak seperti kasus-kasus para TKI maka kami tidak bisa bantu.

      bisa langsung kontak 081228292004. tapi biaya paspor hilang itu sangat tinggi. maka dari itu jaga baik-baik dan harus di fotokopi ya.

  13. maria hermalita says:

    Selamat siang pak. Mohon info nya, saya sudah buat paspor secara online tetapi setelh di imigas dokumen saya ditolak karena tanggal lahir saya di ktp salah cetak dan berbeda dgn kartu keluarga. Kalau saya melampirkn akte lahir+ijasah+kk apakah bisa pak? Sbgai bukti kalau tanggal lahir di ktp itu salah cetak. Mohon penjelasannya pak. Trimakasih.

    • Budiarjo says:

      Bisa minta surat PM1 dari kelurahan yg menyatakan nama di dokumen A dan B adalah orang yg sama.

    • su'eb rizal says:

      tujuh hari yang lalu saya ngurus paspor 48H secara online, sesampai giliran saya dipanggil data saya ada yang salah sehingga ditolak dan di beri waktu 6 hari akhirnya aku perbaiki KTP dan KK di kelurahan , kecamatan sampai bolak balik di dispedukcapil. yang pada akhirnya bari tuntas setelah batas waktunya habis, yang kami tanyakan bagaimana dengan pembuatan paspor saya apakan tidak ada kebijakan untuk dilanjutkan tanpa harus bayar lagi via bank?????

  14. Qowi says:

    Itu akte kelahiran, buka nikah orang tua, ktp yang asli apa foto copy untuk mebuat paspor ke kantor imigrasi

  15. Hetri says:

    Utk ibu kami (65th/janda mati) yang tidak mempunyai ijasah dan akta kelahiran sedangkan surat nikah ketlisut (terselip) yang ada KK dan KTP, bagaimana pengurusan paspornya utk umroh ? Surat atau dokumen apa yang bisa menggantikan ? tks infonya

  16. Ida ayu putri says:

    Pak, saya warga balikpapan(kaltim) bagaimana cara nya saya ingin membuat paspor sementara saya sekarang sedang kuliah di surabaya ?

  17. asdi rizal says:

    bagaimana kalau untuk buat pasport orang tua usia 65 yg tidak memiliki surat nilah/izasah dan akte lahir apakah cukup ktp saja atw ada syarat pendukung lainnya

    • Budiarjo says:

      surat nikah harusnya punya. karens kan pernah menikah.
      KTP juga pasti ada
      dan Kartu Keluarga juga pasti ada.

      jadi KK, KTP dan Buku NIkah, kalau perlu kasih surat keterangan mau umrohnya jika buat umroh.

  18. Ina muntana says:

    Selamat siang pak….saya mau tanya pak benarkah syarat pembuatan paspor minimal ijazahnya harus sma? Adik saya kebetulan ijazah smanya lupa ditaruh dimana sekarang dia mau bikin paspor dan syaratnya cuma ada akte kelahiran, ktp dan kartu keluarga…apa boleh untuk membuat paspor? Terima kasih pak…

  19. nadia says:

    Berapa lama pembuatan paspor online dan berapa biayanya pak ?

  20. Asbandi Andi says:

    pak saya mau nanya apakah
    bisa buat pasport yang hanya ada KTP aja.
    soal nya. yang lain sudah gak ada lagi

  21. Fani says:

    Pak. Kalau KTP hilang? Masih bisa ngurus passpor tidak?

  22. inggit says:

    Pak saya mau tanya, temen saya mau bikin paspor, tapi dia tidak punya akta kelahiran, dan juga dikarenakan dia tidak sekolah jadi tidak punya ijazah.. Bagaimana solusi terbaiknya yaa pak?? Trims

  23. Yupz rangga says:

    Pak saya balas TKI di Malaysia pasport saya dulu perpanjang dari Kuala lumpur dan saya balik cuti dan belum pergi lagi sampai sekarang permitku pun mati apakah bisa di guna karena saya ingin berkunjung dan berjumpa keluarga saya terima kasih

    • Zahra says:

      Asalamu ‘allaikum
      Pak saya mau Tanya klo saya dulu pernah ke luarnegri ‘tp waktu itu th 2007 waktu itu umur saya belom cukup untuk jadi Tki tp
      Tp pt telah menua kn umur saya supaya saya bisa pasporan
      Dan juga yg d pasport itu bukan Nama saya yg d pake tp Nama orang lain
      Di karna kn Ada visa yg Sudah onlie tp orang itu mundur g jadi pergi
      Terus d ganti kn dengan saya saya jadi pake Nama dia

      Nah sekarang saya mau bikin pasport lgh tp mau y yg Asli ‘pake Nama saya sesuway de ngan izasah dan akte
      Jadi semuah y d ganti dengan umur saya yg Asli ‘dan Nama saya yg Asli

      Nah menurut bpk Gmnh bisa kn Pak ?

      • Budiarjo says:

        WAH,, Ini mah melanggar hukum.. saya ga bisa jawab dan silahkan ke kantor imigrasi langsung aja

        • siti says:

          Pak..
          Bagaimana cara merubah tahun lahir di pasport..
          Karna tanpa sepengetahuan saya duku pt telah merubah tahun lahir saya .
          Dan now saya ada plan mau menikah dg orang singapore..
          Apakah ada cara pak.. untuk merubah data pasport syaa ..seperti yg asli

          • Budiarjo says:

            Nah ini contoh yg tidak boleh dilakukan ya…

            Memalsukan data bisa di penjara lho..

            Maaf kami tidak bisa bantu hal seperti ini karena anda sudah menalsukan data.

  24. Mohamad Reza Pahlevi says:

    Permisi pak mau tanya
    saya mau bikin paspor tp lewat online. Nama bapak sama ibu saya yg di akte berbeda dengan yg tertera di kartu keluarga. Solusinya saya pake yg mana ya pak ?

    • Tasuji says:

      Masalahnya hampir sama kyk saya. Nama ibu saya berbeda di akta lahir dan di kk karna perceraian org tua. Apakah itu bermasalah atau ada surat penghantar yg harus saya urus?

  25. anin says:

    Pak,say a mau Tanya.kilo biking passport cm ad ktp,kk,buku nikah bs?brp biaya?krn akte dan ijasah hilang.

  26. Beni murdani says:

    Maaf Pak,saya dr bandung,saya mau nanya perbedaan abjat nama yg diktp sm yg di Akte kelahiran berbeda,itu akan dipersulit ga,yg diKTP Beni murdani sementara yg diakte Beny murdani itu gimana pak??

  27. eddy.s says:

    Pak… Kl kita mau bikin passpor tp ktp mati gmn??

  28. Maya Damayanti says:

    Pak kalo perpanjangan passport apa harus di kantor imigrasi di wilayah yang sama. Soalnya saya sudah pindah domisili.

  29. nova says:

    Mau tanya pak kalo akte asli hilang bisa urus passpor? Fotokopinya masih ada. KK,KTP,surat nikah + ijasah masih ada aslinya, cmn akte aja yg ga ada

  30. Jason Carlo says:

    pak kalo misalnya anak masih usia 16 tahun. Kedua orang tuanya meninggal. Ingin mengurus paspor bagaimana ya? Tapi sblmnya anak itu punya paspor. tapi expired. Mohon info. Trima kasih

    • Budiarjo says:

      kasih unjuk surat kematian kedua orang tuanya.
      dan yang dampingin ke kantor imigrasi bisa kakeknya neneknya, sesuai dengan KK dari si ortu

  31. artati says:

    Pagi pak, saya ingin perpanjang paspor akan tetapi nama dipaspor dg yg ada diKTP tidak sama perbedaanya yg dipaspor tetera nama suami sedangkan yg diKTP tidak, dan saya ingin ganti dg paspor umum, bisa diurus tidak, dan kena biaya tambahan tidak, mohon penjelasanya pak, thanx,,,

  32. ibnu tri utomo says:

    Pak saya mau tanya akte gk punya klu bikin lama pake tanda lahir bs gk?

  33. sofan says:

    maf pak saya habis kehilangan, nah saya sudah urus ktp lagi kebetulan saya ada foto kopi ktp, itu apa bisa buat pengajuan pasport, karna sifatnya penting dan terburu buru

  34. Imron Rosadi says:

    Kalo umur termasuk syarat nggak pak?

  35. Astri Trias says:

    bagaimana cara mengurus passport anak sya wni dan suami wna ..tapi surat nikah kami belum didaftar kan dinegara suami dan belum di legalisir dikedutaan

  36. Astri Trias says:

    apa anda bisa bantu

  37. sofan says:

    loh ini bru mau buat pak

    • Budiarjo says:

      lah,,, sampean nulisnya “maf pak saya habis kehilangan” saya fikir hilang semuanya termasuk paspor nya

      • surya says:

        Pak saya mau nanya ..
        Pak ibuk saya mau ngurus paspor umur nya 51 taun punya ktp,ksk,buku nikah sedangkhan ijazazh ketelisut gmn?? Bisa gagk pak.. Mohon di jawab
        Terima kasih

  38. Minarti says:

    Pak, kalau nama pada KTP dan Ijaza berbeda gimana? Hanya terpisah spasi saja…
    Misal: di KTP Minar ti dan di Ijazah Minarti.
    Apa harus disamakan juga?

  39. Melisa Yono says:

    Maaf pak, aku udah umur 26 tahun terus baru mau bikin paspor, apa syarat2 nya pak? Terus klo nama ibu di akte beda di kartu keluarga itu bgmn pak?

  40. Melisa says:

    maaf Pak, mau nanya, misalkan nama ibu saya berbeda dengan nama ibu di kartu keluarga itu Bgmn Pak ? Saya dari makassar. Aku umur 26 tahun..syarat apa aja yg diperlukan utk buat paspor baru ?

  41. Nunik says:

    Malam pak? Saya mau tanya kalau mau bikin paspor tapi gak ada akta, cuma ada surat keterangan lahir, dan kalau orang tua sudah pisah jadi cuma ada surat nikah dari ibu itu bagaimana pak?

  42. Hasanudin says:

    Selamat malam pak? Mau tanya ibu saya mau buat pasport untk berangkat haji. Tapi tidak ada akte dan ijazah. Apakah bisa membut pasport. Terima kasih.

  43. riris nurfitasari says:

    Pak untuk pembuatan paspor di batam tetapi KTP yg ada hanya KTP jawa, tetapi bukan E-KTP,, bagaimana apa bisa?

  44. Deny says:

    Kterangan lahir di KTP sm ijasah saya beda,apa msh bs buat passpor pak,trima ksh

  45. Darren Chan says:

    hai pak, rencana saya mau buat Paspor,tapi saya punya kendala dengan persyaratan, ijazah,akte kelahiran,KK semua hilang karna rumah saya di jkt kebakaran, apa bisa menggunakan ijazah SD, dan KTP, atau harus ada surat yg lain?

  46. Diana says:

    Saya mau menanyakan utk pembuatan paspor anak saya,apabila saya sdh bercerai,apakah ktp yg hrs diserahkan bs ktp saya saja,krn mantan suami saya sdh menetap diluar negeri,dan kami sdh tidak ada kontak sm skali,tp surat cerai saya lampirkan,mohon penjelasannya Pak,trimakasih

  47. Yenz says:

    Pak kalo mau bikin paspor,nma ibu kandung di KK dan Akte beda.. bisa ga pak???
    Makasih

  48. Moslem Mozaic says:

    Pak…jika akta kelahiran nya hanya foto copy nya saja dan ijazah hanya memakai ijazah akhir bisa ya untuk buat paspornya? Dan biayanya berapa ya pak? Thanks.

  49. arie says:

    klo mau buat paspor baru biayanya sampek berapa pak..

  50. Rizaldi says:

    Pak saya mau nanya, persyaratan passport salah satunya dengan ijazah aslinya tapi ijazah asli saya masih dikumpulkan di kampus
    Apakah bisa dengan ijazah legalisir? Mohon bantuannya Pak

  51. aliandhies says:

    pak saya mau tanya saya kan baru lulus smk dan saya ingin bekerja di luar negri
    Masalahnya ektp saya belum jadi karena kehabisan blanko dr sananya terus saya di kasih surat keterangan berhubung sampai dengan saat ini penerbibatan ektp masih dlm proses
    Pertanyaanya apakah surat ini bisa di gunakan utk membuat paspor??
    Terimakasih

  52. Asep s says:

    Siang pa. Sya mw tanya bklo pembuatan paspor melalui jasa bpk. Masih perlu datang utk wawancara atau tdk?

  53. amalia says:

    pak…kl tdk ada akte kelahiran bs dgn surat kenal lahir ya? tra utk anak usia 1 dan 3thn syaratnya apa aja?

  54. rini says:

    Pak kalau tidak ada surat hak asuh anak apa bisa diganti dengan surat pernyataan hak asuh yg saya buat dan ditandatangani di atas materai ? Mohon penjelasannya

  55. ana widiawsti says:

    Pak saya mohon bantuan nya ..saya mau memperpanjang paspor dengan tujuan mau ikut suami ke Australia .tp kemarin pas ngajuin perpanjangan ada kendala tempat lahir saya di buku nikah sama paspor lain ..jd di tolak ..sedangkan saya gak bisa ngerubah tempat lahir saya yg di surat nikah ..apakah ada solusi nya pak? Terima kasih

  56. Fariz says:

    BOS klo orang tua saya nama nya cuma satu kata bisa ga bikin paspor..

  57. Fanya says:

    Mas,,sy mau tanya sy mau bikin passport ank sy yg msh di bwh umur 16thn,,sy dan suami sdh bercerai dan sy pun sdh menikah lg..
    Sy dan ank msk di kk ortu,,sedang kan sama suami yg skrg kk nya msh pisah..
    Jd sy hrs pke persyaratan yg mana??
    Sy dan suami pertama sdh lost contact..
    Mohon di bantu

  58. isro says:

    Mau tanya pak suami saya mau bikin paspor nah untuk syarat buku nikah boleh 1 aja atau harus 2 nya? ( suami istri )

  59. iwan kurniawan says:

    Pak saya pnya papor tki..sekarang mau buat lgi paspor yang 48 iru paspor tki saya apa perlu dibwa

  60. dwi ahmad janto says:

    Pak saya mau buat paspor,tp nama ibu saya tidak sesuai nama diakte dan nama diKK.bs g y pak…cuma beda 1 huruf aja.

  61. Mery says:

    Pak sy mau perpanjang Passport tpi akte nikah sy masih akte nikah luar (Australia).. Bagaimana ini pak? Apa bisa?

  62. ivan darma wangsa says:

    Halo pak Budiarjo, saya ingin bertanya. Saya ingin membuatkan paspor utk ibu saya. Dokumen yg ada: KTP, KK dan Buku Nikah. Saya udh mengurus ke Capil Balikpapan Kaltim utk pembuatan Surat Keterangan Kelahiran karena Akte Lahir telah hilang. Permasalahan nama ibu saya di KTP dan KK adalah “Afridawaty” dan nama di Buku Nikah adalah “Afrida wati”. Utk merubah buku nikah kan ribet pak? Mohon sarannya…

    • Budiarjo says:

      maaf kami hanya wilayah kerja jakarta saja.

      bikin saja surat pm1 di rt rw kelurahan yang menyatakan nama di dokumen A dan B adalah orang yang sama.

  63. Widha says:

    Kl kk aslinya hilang tp masih ada yg fotokopiannya gmn?msh boleh dftar

  64. jajang kurniawan says:

    Siang pak says may Tanya
    Rencana says mau ke Abudabi
    Until persyaratan paspor says hanya ada
    KTP KK Dan BUKU NIKAH APA bisa?

  65. endang says:

    Pak..saya mau nanya..sy mau membuat paspor. .tapi data ijazah sy dgn akte lahir tdk sama (ktp.ksk.buku nikah semua sama dgn akte lahir)..Bagaimana solusinya..terima kasih..

  66. ester says:

    pak mau tanya kalau data Tempat lahir di KTP tidak sama dengan di ijazah, kk, dan akte lahir bisa tidak buat KTP dibatam?

  67. Bayu Pratama says:

    Minimal umur berapa yah pak kalo bikin paspor ? saya umur 18 th bisa ngga yah? mau kerja di luar negri soalnya

  68. aprilina says:

    Pak saya mautanya utk biaya pembuatan pasport brp dan pas poto yg di pk ukuran brp biar sy siapkan semua datanya

  69. sheilla says:

    pak sy mau tanya.. sy udah membuat permohonan paspor baru lewat online dan sudah membayar tinggal menunggu wktu kedatangan di imigrasi.. masalahnya tempat lahir di ktp dan kk sama, tetapi di akte klahiran berbeda (karena yg betul akte kelahiran), dan nama di ktp+kk sy “sheila” sedangkan di akte “sheilla” apakah bisa di urus atau di tolak ya??trimakasih

    • Budiarjo says:

      Bikin dlu surat pm1 di klurahan yg menyatakan nama di dokumen a dan b adalah org yg sama

      • ririn ahkyani says:

        Pak, saya sekarang tinggal di kudus, tapi karena kk saya pindah ke bengkulu jd kk saya bengkulu, cm ktp saya msh kudus krna blm jd ktp saya. Bgmn cara nya untuk bisa buat paspor pak?

  70. Susan says:

    Pak saya mau tanya..ini tmn saya mau bikin paspor tapi cuma mempunyai Kk & KTP saja..apa bisa membuat paspor..sedangkan dia mau liburan ke malaysia?

  71. Wieta says:

    Mohon info..klo yg pekerjaannya di KTP karyawan swasta hrs pake surat rekomendasi atasan.. nah klo yg di KTP pekerjaannya wiraswasta gmn.. melampirkan surat apa?

  72. dhea thea says:

    Bismillaah…pak ijin copas syarat syaratnya

  73. edelweis salsa bila says:

    asllmualaikum

  74. edelweis salsa bila says:

    mf pak saya mau tanya…?sy dulu pernah kerja jd tki,sekitar taun 2003.trus paspor saya hilang,hbs itu sy lapor ke kbri,dr kbri sy di biki splp.sa,at ini saya ingin bikin paspor lagi apa bisa pa,dula sy msh sendiri sekarang sy sdh berkeluarga dan pnya anak,dan sdh pndah kota,,,pertanya,annya apakah bs sy bkn paspor baru,,,,mohon pencerahannnya pa.trima kasih wasallamuaikum

    • Budiarjo says:

      anda tidak akan pernah bisa bikin paspor baru.. melainkan anda urus paspor hilang anda. karena data anda masih ada selama anda dulu bikinnya sudah menggunakan sistem biometrik

  75. yanti says:

    selamat pagi bapak saya mau bertanya, saya mau membuat e-paspor umur saya 23 tahun, saya baru menyelesaikan kuliah dan saya belum bekerja. Saya sudah melengkapi beberapa syarat untuk membuat pasport tapi saya masih ragu untuk mendaftarkan masalahnya adalah:
    1. saya baru saja membuat e-ktp di dinas cacatan sipil kab.konawe utara prov.sulawesi tenggara tetapi e-ktp sy belum jadi dan saya hanya dikasih surat keterangan pengganti e-ktp. dan di salah satu biodata kolom pekerjaan saya dicantumkan sebaga mahasiswa tetapi saya sudah tidak menjadi mahasiswa lagi pertanyaan saya apakah surat keterangan pengganti e-ktp sementara ini bisa dipakai untuk membuat e-paspor? dan apakah data pekerjaan itu menjadi masalah jika surat keterangan e-ktp sementara ini dibolehkan??
    2. saya membaca salah satu syarat membuat e-ktp adalah membawa surat rekomendasi dari atasan untuk membuat e-paspor. pertanyaan saya jika belum bekerja memakai surat rekomendasi apa pak ?
    3. sebenarnya syarat secara lengkap yg dibutuhkan untuk membuat e-paspor apa saja? Mohon dibalas Terimakasih

  76. Nariyah says:

    Asalamualaikum Pak saya mau tanya saya mau memperpanjang paspor tapi masalah nya tanda tangan di ktp sama yang di paspor berbeda,apakah saya masih bisa proses perpanjang atau di tolak ya Pak terus solusi nya bagaimana itu Pak terimakasih

  77. bandi says:

    Pak. saya mau membuat Paspor rencana utk keperluan umroh. hanya ada KTP, KK, Surat Nikah. apa bisa ngurus paspor ? tanpa adanya ijazah dan akte kelahiran apa bisa ?

  78. sugiartha says:

    pak apakah dokumen yg saya berikan secara online berupa scan?
    dan makaimal berapa hari passport akan selesai, trims.

  79. naila says:

    pak saya mau tanya, KK saya masih dalam proses di capil karena sedang diurus oleh kakak yg baru menikah buat pisah KK. padahal saya sudah terlanjur daftar passport online dan sudah bayar, tinggal wawancara tp KK masih dicapil. apakah bisa diganti fotokopian yg dilegalisir atau perlu surat keterangan dalam proses?terimakasih

  80. Dicky says:

    Pak mau tanya. Saya mau bikin paspor, tapi Tempat Lahir saya antara KTP & KK dengan Akta Kelahiran berbeda. itu gimana ya pak?

  81. Bagus07 says:

    Pak mau tanya kalau mau bikin paspor buat istri tetapi alamat di ktp sama di kk beda bisa ga ya? Karena baru nikah n KK bkin baru tetapi ktp istri masih data lama..

  82. Marina says:

    Pak kalau perpanjang passport berapa hari ya?

  83. Dedy Ariawan says:

    Selamat pagi pak. Persyaratan saya lengkap. Kalau pengurusannya melalui bapak, berapa biayanya dan selesainya butuh waktu berapa hari?

  84. MIRNA says:

    apabila kita tidak memilik akta lahir apa bisa menggunakan ijasah saja

  85. Moh.Qoidul Adhari says:

    Pak saya mau buat pasport nama saya di KTP Beda Dengan Ijazah dan Akta Nikah. Bagaimana pak? nanti yang di cantumkan nama di KTP apa di Ijazah?

    • Budiarjo says:

      tidak bisa di proses. anda harus bikin surat pm1 dulu yang menyatakan nama di dokumen a dan b adalah orang yang sama

  86. Ricca anggraini says:

    Pak..sy mau buat paspor untuk anak bungsu saya usia baru 4 bulan.kalau untuk KK baru sudah jadi dan sdh dimasukkan namanya.tapi masalahnya akte belum jadi.apakah bisa pakai surat keterangan lahir atau surat keterangan dari kelurahan??trims

  87. ririn indayana says:

    pak, kalau ada salah penulisan nama atau kurang 1 huruf aja gmana itu pak?

  88. ina paokuma says:

    Siang pak, mohon saran:
    Saya mau buat passport anak saya ,
    Permasalahan I,
    Waktu Menikah Nama saya tidak memakai nama marga sehingga akte anak saya ,nama saya tetap tidak memakai marga, tetapi saya sudah buat ktp baru dengan nama memakai marga karena ada keterangan dari kantor catatan agama, sehingga saya bisa membuat ktp dan nama yang sebenarnya tetapi akte anak saya nama saya masih mengunakan nama saya tanpa marga, apakah akan jd masalah karena nama saya di akte anak beda dgn ktp saya skrg
    Permasalahan ke II:
    Suami saya bekerja di lain pulau, apakah tidak bisa diwakilkan saya saja yang urus, karena ada ttd suami di formulir pembuatan passport anak dan ktp ibu dan ayah anak haru dilampirkan
    Mohon saran.

    Terimakasih,

  89. Nadyn Utami says:

    Saya mau membuatkan passport untuk ibu saya, hanya saja persyaratan yang ada
    1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
    2. Kartu Susun Keluarga (KSK).
    3. Ijazah terakhir
    dikarenakan akta dan surat nikah, hilang pada saat pindah rumah.
    bagaimana ya apakah masih bisa dibantu ?

  90. Ita says:

    Salam Pak

    Saya ingin tanya, apakah membuat pasport untuk anak 5 tahun cukup dengan pasport ibu saja atau dengan ayahnya juga.

    Terima kasih

  91. Yeni arianti says:

    Sore..
    Pak kalau membuat passport haruskah pakai kk asli?
    Ini KK saya hilang, lagi proses pembuatan KK yg baru.
    Apakah boleh dg Fotocopy’an kk saja?

  92. ireina says:

    pak, saya mau tanya .
    kalo akta kelahiran tidak ada ,dan nama berbeda dengan di ktp .bisa tidak ya buat paspor ?

  93. septian says:

    pak mau nanya.klo ktp nya lg proses trus kita pake resi ktp dr kelurahan bisa diproses ga

  94. Fitri says:

    Pak saya mau bikin paspor namun nama di akte & ijazah : fitriani
    Sdgkan di ktp, kk, buku nikah : fitriani soderi (ditambahkan nama ayah)
    Apakah saya tetap bisa membuat e-paspor?

    Thx

  95. pian says:

    Pagi pa, kalau mau bikin paspor tapi akte lahir nya ga ada cuman saya udh bikin surat lahir dari kelurahan. Ktp, kk, ijazah, ada pa
    Apakah bisa bikin pa?
    Ttmksih

  96. Joko says:

    Selamat pagi pak
    saya ingin memperpanjang paspor karena paspor saya jto Jan 2016 dan saya seorang karyawan.
    bagaimana dan data apa saja yg dibutuhkan?

    terima kasih

  97. ririn ahkyani says:

    kk saya baru pak. Tapi ktp saya msh data lama krna blm jd ktp barunya. Bisa apa tidak ya pak untuk buat paspor?

  98. candra says:

    Pagi Pak, kalau ortu sudah bercerai, dan sudah pisah KK, apakah untuk bikin paspor anak juga menggunakan KTP kedua ortu yg telah berpisah tersebut…. Terimakasih

  99. Candra says:

    Siang…,
    Pak, kalo mau bikin paspor anak-anak, apakah boleh hanya menggunakan KTP ibu saja, karena status janda.
    Terimakasih

  100. leonardo says:

    Pak saya mau bkin pasport baru, tp gk punya akte. Dan tgl lahir ktp. Dan ijsah beda,, gmna tu masalh gk?? Apa lgi mau bkin visa eropa. Intuknjln jln..

  101. Heli says:

    Selamat malam pak. Saya wni dengan alamat di luar negeri. Paspor saya hanya 4 bulan lg masa berlakunya. Dan saya harus berangkat ke indonesia keesokan harinya. Menurut kbri saya harus membuat paspor baru sesampainya di jakarta. Dokumen apa yg diperlukan karna saya tidak mempunyai ktp? Terima kasih sebelumnya.

  102. Erna says:

    Apakah bisa membuat pasport tanpa ada akte lahir?

  103. nani says:

    Pak saya mu tanya,Saya mau buat paspor tapi thn lahir di KTP dan Ijazah beda,bisa tidak ya kira2.terimakasih

  104. fathi says:

    maaf pak jumat ini saya mau ke malay , kalau mau bikin pasport ke bapa kira2 berapa lama ya pengerjaannya, trims semua data lengkap.

  105. Zu says:

    Siang pak, kalau bikin paspor untuk saya (di ktp tertera pekerjaan karyawan swasta) apa perlu surat keterangan kerja dan surat ijin dari tempat kerja? dan apa maksudnya surat ijin dari tempat kerja?
    terimakasih

    • Budiarjo says:

      kalau memang anda bekerja maka lampirkan saja surat keterangn bekerja yang menyatakan bahwa anda memang bekerja di perusahaan tersebut

  106. endah says:

    Selamat pagi….pak saya punya passport TKI yg msh brlaku sampai 2017 tp sy mau ganti ke pasport umum apakah bs….?! dan KTP,ijazah dan pasport sy brbd2 taun kelahirannya apakah semua hrs di rubah atau tidak apa2…… jwbnnya sy tunggu….trm ksh

    • Budiarjo says:

      mohon maaf, silahkan kunjungi kantor imigrasi terdekat, bicarakan problem anda. karena kami tidak menerima jasa bantu paspor tki / pelaut

  107. khadijah says:

    selamt pagi pak,,,saya ingin mbuat paspor untuk ank saya,,, sya bca d blog,,saat wawancara ortu wajib hadir,,,sdgkn sya posisi d hongkong,,,apa bisa d wakiljan pada ortu saya pak,,,

  108. fitri says:

    pak kalo di KTP dan KK tempat lahir saya GAMPONG PUKAT, tapi di akte KAMPONG PUKAT bgmn ? apa tidak jd masalah. mohon infonya . trims

  109. Muh. Yunus Najamullah,SE says:

    Apakah bisa buat paspor di propinsi lain sedangkan alamat ktp sy dipropinsi lain, mohon penjelasannya, terima kasih

  110. Novelia says:

    Pak apakah pembuatan paspor online harus scan syarat2nya sprti ktp,kk dll untuk di upload pd saat isi formulir online ?

  111. Fio says:

    Pak, passport ibu saya habis Maret 2016. Masih bisa urus perpanjang atau passport baru? Krn kurang dr 6 bulan.. Oya, nama ibu saya di Passport dan KTP/KK berbeda abjad nya. Apakah ada syarat khusus utk ini? Dan bisa kah namanya di revisi untuk passport baru nya? Thanks

  112. rhama denny says:

    Pak saya mau nanya kalau ngak ada KK apa bisa ngurus pasport cman KK kendalanya pak, krn di KK nama ayah tiri d ijazah nama ayah kandung trims

  113. Dika jr says:

    Pak saya mau tanya,
    Apakah bisa kita buat paspor tanpa menggunakan akta lahir?
    Masalahnya akta lahir ad perbedaan dengan berkas lainnya ..

  114. RIA says:

    Pak sy janda cerai mati tapi di kartu keluarga dan ktp status kawin.
    di KK sy kepala keluarga, apa ini masalah dalam pembuatan paspor baru

  115. Nurhayati says:

    Selamat siang pak, saya mau tanya
    Teman saya mau buat paspor tki.
    Berkas nya ada ktp, kk, akta lahir dan paspor lama, dan datanya di ktp nya semarang, kalau bikin di jakarta bisa gak?

  116. lika says:

    Ass pak…
    Saya mau perpanjang pasport tp skarang saya baru bercerai, jd buku nikah n KK asli saya gk punya.. tp KK copy ada.. mau sekalian dengan anak saya umur 7 thn gimana cara nya ya…?
    Terimakasih..

  117. prista says:

    pak saya mau tanya kalau ktp nya scan apakah bisa ?
    tapi kk akta kelahiran ada.

  118. Chan says:

    Anak berusia 16 tahun. Kedua orang tuanya sudah meninggal. Ingin mengurus paspor bagaimana procedure nya ya?Trima kasih

  119. Tika says:

    Pak, saya berencana untuk buat paspor adik saya, tetapi adik saya masih kelas 5 SD, persyaratan pendukungnya selain Ijazah apa ya ?

    Terimakasih

  120. richard says:

    pak kalau seorang bayi bisa membuat paspor?

  121. Tania says:

    Pak mau tanya…suami saya mau perpanjang passport…tapi waktu itu nama di akte dirubah disesuaikan dengan nama di ktp n kk..itu uda ada surat pengadilan nya juga…apa itu ngga masalah pak??

  122. Asti says:

    Maaf pak mau tanya. Saya mau bikin paspor tapi KK asli dibawa kakak saya ke Jepang. Jadi hanya ada fotocopy KK, akte asli, KTP asli. Apa bisa ya Pak? Terimakasih.

  123. dede susanti says:

    Pak saya mau tanya saya mau buat paspor saya sama anak saya tapi suami saya org malaysia.sedangkan saya cuma nikah di indo suami saya masih warga negara malaysia syarat ya apa aja ya buat paspor anak

  124. Rosi Tri Handayani says:

    asklm….pa maaf ibu saya sudah berusia 65 tahun , tahun 1999 sudah berangkat haji
    tahun 2016 rencananya mau berangkat umroh
    yang mau tanyakan
    1. apakah harus membuat pasport baru sedangkan pasport lama dan buku nikah terbakar pada saat kebakaran ?
    2. kalau harus membuat baru, buku nikah tidak ada, apakah bisa hanya dengan KK dan KTP saja / buku nikah bisa di ganti dengan surat apa ?

    • Budiarjo says:

      pembuatan paspor dibawah tahun 2005 kalau hilang masih bisa anda untuk urus baru saja. karena belum masuk sistem biometrik

  125. megawati says:

    Pagi Pak,saya mau tanya, sekarang KTP saya ganti udh berganti ke E-KTP, tapi alamat di KTP dengan yg di KK beda, apa masih bisa perpanjang Passport?

    thanks

  126. muhammad amrin says:

    mas kalau ktp,kk,sama ijasah saja bisa?

    lulusan SMA

    mau liburan

  127. Cuti Haertika says:

    Maaf pak saya mau tanya.. saya mau buat paspor, persyaratannya KTP, KK, akte sama ijazah terus sama paspor lama.
    Paspor lama saya hilang pak, apakah bisa membuat yg baru tanpa paspor lama ? Diganti dg surat keterangan hilang dari kepolisian. Terus saya asli brebes pak, tapi mau buat di kantor imigrasi karawang , apakah bisa pmbuatan tdk sesuai dg KTP ? Terima kasih pak.

  128. analia says:

    Pak… boleh tanya jika saya mau buat passpor tapi akte kelahiran saya hanya ada dicantumkan nama ibu. Soalnya sewaktu buat akte tidak ada disertai surat nikah ortu. tapi KTP dan KK saya punya asli. dan KK saya ada nama ayah saya. apakah itu ada pengaruh dalam persyaratan pembuatan passpor?

    Makasih.

    Regards,
    Analia

  129. Ayunindya says:

    Pak, saya cuma ada ktp, ijazah, dan kk orangtua, akta saya ga ada, apa bisa buat paspor? Biaya brp ya? Trims..

  130. Rudi says:

    pak , saya mau buat paspor semua dokumen buat anak2 sudah lengkap ttpi saya mau buat tanpa diketahui orang tua , bisa gak? ada alasan yang tidak bisa saya jelaskan

  131. Mia purnamasari says:

    Pak mau tanya, saya sudah menikah tapi ktp yang saya punya sekrang statusnya nya masih single, tapi kita sudah punya kk sendiri. Bisa ga ya pke ktp yang ini, atau mesti bikin ktp baru dulu? Mohon bantuanya makasih sebelumnya

  132. Shaifullah says:

    Aku mau bikin paspor tapi cuman punya ktp dan kk,,,, maklum akte lahir dan ijazah hilang waktu banjir bisa gak mas

  133. inno atjhaa says:

    Pak, saya mau buat paspor, tapi yang sya punya cuma, ktp, ijasah…
    Saya tidk punya kartu keluarga dan akte. Karna posisi sya saat ini sedang ada di perantauan. Saya di sini ikut kakak saya…. bagemana caranya pak?

  134. Rosi Tri Handayani says:

    pa maaf ibu saya mau buat pasport di KK nama ibu saya seharus nya NURAENI Binti Karmita tapi NURAENI Binti Carmita
    apakah berpengaruh tidak dalam proses pembuatan pasport ??

  135. Riswanto says:

    Selamat Malem Pak Budi
    Mohon infonya saya mau buat paspor Dokumen yang saya punya KTP, Kartu Keluarga & Buku Nikah bisa apa tidak ya pak? karena saya tidak punya Akta Lahir

    salam
    Riswanto

    • Budiarjo says:

      lengkapi saja ijazahnya sd smp sma dan juga tambahkan surat keterangan kerja jika bekerja atau buku nikah jika sudah nikah

  136. hendra says:

    Pak,

    Dari beberapa blog yang lain mengatakan syaratnya harus ada ktp,kk, ijazah dan akte lahir asli.
    saat ini saya hanya memiliki ktp,kk dan ijazah asli saja.
    Apakah ketiga berkas ini dikatakan sudah lengkap / diperboleh mengurus passport?

    regards,

    • Budiarjo says:

      lengkapi saja ijazahnya sd smp sma dan juga tambahkan surat keterangan kerja jika bekerja atau buku nikah jika sudah nikah

  137. franika says:

    sy sudah pernah buat passport tp hilang pak.
    sy mau buat baru bisa tidak yah..?

  138. Tasuji says:

    Selamat malam pak, saya ingin membuat paspor online, tp nama ibu di akta kelahiran dengan di kartu keluarga berbeda karna perceraian orangtua, apakah itu nnti ya berpengaruh?
    Atau ada surat penghantar yg harus saya urus? Mohon jawabannya pak. Terimakasih atas jawabannya

  139. feddych says:

    Saya hanya memiliki dokumen KTP, KK dan buku nikah, apakah bisa untuk membuat pasport, karena dokumen ijazah dan akte kelahiran hilang saat banjir tahun lalu.
    Oya, saya sdh add pin BB bapak, mohon di confirm.
    Terima kasih

  140. suchi says:

    pak sy mw buat paspor usia sy 24th

    persyaratan ktp asli ada,ijasa asli ada,akte lahir asli ada nah tp untuk kk asli tidak ada (cuman ada foto copyannya aja), dan untuk akte nikah orang tua saya jg tidak ada dan adanya buku nikah ? itu bs ga pak untuk di proses karena kan pas wawancara doc asli itu haris di bawa semua ??

    thx

  141. Ricka Febrianti says:

    Selamat pagi pak…saya seorang single parent (cerai) saya berencana akan liburan ke luar negeri dengan membawa anak saya (10 th), persyaratan apa saja yang harus saya siapkan? apakah benar kalau saya perlu menyiapkan KTP dan Akte dari ayah anak saya tersebut?
    Terima kasih.

  142. Amy_cully Mymy says:

    Kalo tanpa akte kelahiran ap bisa buat paspor?

  143. jack says:

    maaf pak.. kalo kita menggunakan sertifikat pelatihan kerja dari Pemda srbagai pengganti ijasah bisa nggak?

  144. jaka says:

    maaf pak.. kalau kita menggunakan sertifikat BLK sebagai pengganti ijasah bisa atau tidak? terimakasih.

  145. Dian says:

    Pak, untuk syarat, semua wajib dibawa yang asli?
    untuk ijazah, ijazah terakhir saya hilang, lalu bagaimana pak?

    Terimakasih,

  146. TELLY says:

    slmt siang pak,saya sudah ada dokumen pendukung utk buat paspor baru,yang saya mau tanya : pilih salah satu ya pak ? Akta lahir/Ijasah SMA/Surat Nikah ? karena akta lahir saya yang asli lagi keselip naruh nya,tapi kalau fotocopynya ada,nah yang saya pilih adalah buku surat nikah aja bisa kan pak ?

  147. frenty oktavianti says:

    Assallammuallaikum wr. Wb?,,,Maaf pak sudah mengganggu bapak.
    Pak apa kah bisa tidak jika buat passport jika tidak ada ijasah nya sebab ijasah saya semua terbakar hanya yang ada ktp kartu keluarga saja kalo kartu nikah saya tidak ada karena saya belum menikah tapi saya ingin niat sekali pergi ke luar negri apa kah bapak bisa bantu kami maaf jika saya sudah larut malam mengganggu bapak terimakasih banyak pak. wassallam… wr.wb?,,,

  148. alz says:

    Pak mau tanya klo utk pembuatan pasport syarat lengkap.. yang jadi masalah saya sedang kuliah dan tertulis di KTP dan KK saya,pendidikan terakhir strata 1.. Apakah bisa menggunakan ijazah D1 saya ?

  149. arif ergyan wijaya says:

    selamat malam pak, saya mau buat paspor, tpi
    data” saya hanya KTP, KK, SURAT NIKAH, apa bisa pak?
    trims.

  150. ratna yuli s says:

    Siang pak.
    Pak saya mau ty.
    Anak ada program study ke malaysia jd kami mau buat pasport utk anak. Sedangkn kami blm punya pasport.
    Bisakah buat pasport anak tanpa buat pasport orang tua. Anak umur 9 thn .
    Trimakasih

  151. Adisti ramadianika says:

    Paak saya mau tanya.. tahun lalu saya sdh bwt paspor dan exp jg msh lama.. dan skg saya mau buat yg e-paspor tp kendalanya disini tiba2 ijasah asli saya yg kuliah hilang adanya foto copynya saja…tp berkas2 yg lain lengkap spt akte,buku nikah,KTP,Kk…apakah ijasahnya bs digantikan dgn ijasah SMA?? Thx u

  152. Kharis says:

    Mas misal nama.ku di kk itu mokhammad trus di ktp mokhamaad
    Beda yang di kk itu m.nya 2 klo d ktp m.nya 1
    Msih bisa ngurus gak apa harus ngrubah ktp dulu

  153. Dede Mohamad iqbal says:

    Salam,
    saya mau tanya untu pembuatan paspor anak, apakah orangtuanya harus memiliki paspor juga? soalnya kasusnya begini, sepupu sy umur 14 tahun, akan bepergian dengan pamanya, bukan ortunya. kira kira apa persyaratan tambahan selain yang tercantum diatas, :)
    terimakasih.

  154. Dian says:

    Pak.. saya mau buat Paspor…
    namun satu kendala saya yakni tempat lahir saya tertulis beda walau satu daerah.
    di AKTE (Benar) Tanjung Karang. Sedangkan di KTP (SALAH) Bandar Lampung. kira2 saya harus isi pendaftaran Online yang sesuai AKTE atau sesuai KTP? atau keduanya tidak bias karena berbeda… mohon pencerahannya pak. trmksh sblmnya….

  155. Juraini says:

    Saya mau buat paspor umroh/haji nama bpk sya di buku nikah sya sma diijasah berbeda 1 huruf apakah dipersulit…solusinya gimana?
    Mohon pennjelasannya…trims

  156. jesman says:

    maaf pak, kalau buat paspor, apakah bisa pakai ijazah foto copy, soalnya ijazah saya hilang. dan saya terburu buru ke malasya untuk jenguk keluarga

  157. Ariestian says:

    maaf pak saya mau tanya …
    1. untuk pembuatan Paspor , apakah bisa menggunakan KTP Manual tidak pak ?? dikarenakan untuk e-ktp masih dalam proses pembuatan sedangkan rencana saya akan brngkat berlibur awal Maret

    2. saya mmpunyai keponakan yg juga sedang ingin membuat paspor , tetapi nama di KTP, Akte, tertulis Fitri Ramadhani tetapi di KK tertulis Fit ri Ramadhani ( hanya beda satu spasi) sedangkan untuk nama Ayah dari fitri di Akte tertulis Syamsir ( aktenya dibuat tahun 1997 ) , sedangkan di KK tertulis Samsir ,SE ( KK tersebut dikeluarkan tahun 2014 & di KK tersebut terdapat gelarnya )
    3. apakah kedua masalah Perbedaan nama itu hrus menyertakan surat PM1 dari kelurahan sedangkan saya baca dikomentar” sebelumnya hrus menyertakan surat PM1 dari kelurahan ( untuk nama pemohon) dan untuk nama Orang tua dari pemohon yg sedikit berbeda , bpak bilang tidak masalah . bagaimana itu ??
    4. apakah surat PM1 bisa dibuat selain di kelurahan ??misalnya di RT/RW ??

    terimakasih pak … mohon pencerahannya

  158. Irene says:

    Pak mau tanya, kalau nama ibu di akta lahir itu berbeda dengan nama ibu yg sekarang di kk itu bisa? Krn orangtua sudah berpisah. Terima kasih

  159. danu says:

    Pak mau bertanya jika di KK nama saya ada coretan karena kemarin sempat mengurus pindah tapi sampai saat ini saya belum punya KK yang baru bisa tidak?

  160. hasan says:

    Kalo pakai ijazah sd bsa ga,untuk pmbuatan paspor baru

  161. kiki says:

    Pak pasport utk syarat pengajuan beasiswa ke luar negeri, itu umum ya ,, pasport biasa kan????? Jadi brp hari pak.

  162. Widadi says:

    1.Kalau urus Pasport di luar domisili apa ada syarat tambahan, terima kasih.
    2. Pasport kilat berapa hari untuk di luar domisili. ( Domisili saya di Pondok Gede Bekasi, saya bekerja di Padang, mau buat pasport di Padang )

  163. Cindy Adriana says:

    Pak mau tanya, apakah persyaratan mahasiswa utk membuat paspor baru hrs pakai surat pernyataan dr kampus pak ? Tolong di respon pak :) trims

  164. Pak klu berkas saya ktpnya cuma foto kopinya apakah bisa mengurus paspor . soalnya yang aslinya hilang dan sudah buat surat hilang

  165. Permisi pak . aku mau bikin paspor baru … E-ktp saya hilang dan saya sudah buat surat hilang .. Apakah bisa mengurus paspor dengan fc E-ktp dan surat hilangnya

  166. bayu says:

    mau tanya, tahun lahir saya di ijazah dan ktp berbeda di ijazah 1991 tapi di ktp 1990. terus gimana solusinya pak?

  167. danang says:

    kalo nama singktan ktp ama nama ijazah beda gimana…

  168. arianto says:

    pak saya mau urus pasport, tapi dibuku nika nama orang tua kandung tidak tercantum, yang tercantum orang tua wali yaitu paman saya karena waktu kecil saya tinggal sama dia, sedangkan di kartu keluarga saya yang baru tercantum orang tua kandung, apa bisa digunakan buku nikah tsb untuk urus pasport

  169. Wisye says:

    Pak Budiarjo, paspor saya sdh mati sktr 3 bulan yang lalu dan saya rencana ingin perpanjang via online tetapi saat ini saya tinggal di bengkulu sedangkan paspor keluaran kantor imigrasi Jakarta Timur krn ktp saya jakarta. Apakah utk foto paspor bisa dilakukan di kantor imigrasi Bengkulu?

  170. nenez says:

    Mau tanya pak, kalau nama saya hanya satu suku kata…apakah bisa dibuat dua suku kata di paspornya?

    • Budiarjo says:

      maaf link dihapus,,

      bisa. silahkan email saja jika ingin menggunakan jasa paspor dari kami

    • Asih says:

      Pak, kalo ibu saya usia 76th mau bikin passport, tidak punya akte lahir , berarti pakai akte nikah bisa ya pak, meski bapak saya sdh meninggal dan di KK tidak tertera nama bapak saya lagi.

  171. Andre says:

    Hi pak budiarjo.
    Kalau umur 19 thn sudah termasuk ke paspor wni dewasa? Soalnya saya belum mempunyai surat nikah,Apa harus membawa surat nikah orang tua? Tolong jawab ya

  172. mariana says:

    halo pak, saya kan baru menganti ttd saya di E ktp kemudian saya mau memperpanjang paspor saya dan paspor lama saya itu ttd lama saya. itu bisa ga ya diurus dengan ttd baru saya yg skrg? makasih pak

  173. rezky ramadhani says:

    Pak, saya mau bikin paspor tpi, mslah y tgl lhir sya yg di ktp sama di kartu keluarga sya beda pak. Boleh gak pak ???? Cmn tgl y aj yg beda. Bleh gak pak ?????

  174. Heru Gunawan says:

    Pak, klo saya mo bikin passport tapi persyaratan nya Saya cuman punya KTP doang…..
    gimana, apa bisa di bantu, Pak….

  175. Siti juariah says:

    Pa kalo mau bikin passpor utk umroh..tapi di akte cuma ada nama ibu..apa bisa di proses? Ijazah ga punya sama sekali surat nikah juga entah kemana..untuk ibu saya.kemaren pas bikin akte cuma ditulis nama ibu di aktenya.usia ibu sudah 78thn sekarang.mau berangkat umroh tgl 23 maret gimana pak?

  176. andy says:

    saya andy, dulu saya buat passport di salah satu imigrasi di jawa timur.
    dan waktu itu umur say blum cukup untuk bekerja di luar negeri, akhirnya saya di tolong orang, orang itu bantu saya buat passport. dan di passport itu saya tertulis tahun lahir berbeda dengan KTP saya.. status saya pun tertera sudah menikah. orang itu buat KTP dan KK yang berbeda dengan yang saya punya.. sekarang masalahnya.. saya mau kluar negri lagi dan yang saya tnya kan apakah bisa ketahuan passport saya karna umur tak sama dengan aslinya..?? tpi anehnya orang itu ada KTP dan KK saya yang PALSU itu DIA buat 1 Minggu jadi.. hedeh gimana yaa ?? saya bingung

    • Budiarjo says:

      nah ini salah satu yang melanggar hukum, maaf kami tidak bisa bantu masalah yang sudah melanggar hukum, anda bisa langsung tanyakan ke kantor imigrasi saja masalah anda ini.

  177. yosha says:

    Bagaimana kalau akta lahir hilang

    • Budiarjo says:

      urus dulu akte lahir anda, baru apply bikin paspornya, namun jika anda punya data seperti ktp, kk, ijazah, buku nikah sudah cukup kok tanpa akte lahir

  178. Rita says:

    Malam pak, saya mau buat paspor, semua dokumen asli ada kecualu KK (hanya photo copy), tapi saya sdh punya surat bahwa KK sedang dalam proses pengurusan. Apakah hal ini sdh cukup utk urus paspor pak? Tks atas bantuannya.

  179. erk says:

    Maaf mau tanya kalau KTP dan KK berbeda satu huruf denngan yg ada di akta dan ijaza harus bagaimana? Thanks

  180. didik says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    pak
    klo ktp jawa
    kk
    ijazah
    akte
    blm nikah jdi blm punya buku nikah, bgaimna bisa nda pak

  181. Dewi putri anjarsari says:

    Pak..kalau paspor lama saya sudah gak aktif tp hilang gimana pengurusannya ? Tadi saya dari polsek tp sama kepolisian suruh minta kutipan dari imigrasi. Gimana paka . Mohin info

  182. raii says:

    semua persyaratan lengkap tp bingung cara buatnya gimana?

  183. Anggun says:

    pak mau tanya kalau tidak punya akta kelahiran bisa do gantikan dengan ijazah ?
    thx

  184. Arisnadina says:

    Pak saya mau ke H.K krja tapi harus umur 21 umur sya sekarang umur 19 tapi saya dulu sudah pernah buat paspor dngan data asli wktu itu sya umur 18 trus bisa gak pak paspor sya di rubah/ di tuakan 19 mnjadi 21

  185. Lola says:

    Pak saya mau tanya , saya sdh pny paspor dengan nama sesuai akte dan ijazah , kemudian KK dan KTP saya ada nama babtis sekarang , apakah bisa jika perpanjang nanti nya pakai nama babtis sesuai KTP dan KK yang skg ? Caranya bagaimana ya ? Untuk penambahan nama babtis di depan nama asli saya ? Mohon informasinya , thanks before

  186. Riko purnomo says:

    Selamat pagi..
    Mohon info saya mau membuat paspor,tetapi setelah saya chek ada ketidak valid data kartu keluarga dan akta kelahiran yang menerangkan nama orang tua (ayah), ada perbedaan antara berkas itu. Bagai mana solusinya pak.
    Trimaksih.

  187. adha says:

    mau tanya dunk pak, kalau alamat di KK beda dengan alamat KTP masih bisa kah..?
    saya sudah menikah tp KTP ny belum diperbaharui, status, alamat dan pekerjaan belum update.
    terima kasih.

  188. Efendi says:

    Pak saya ingin bertanya, saya siswa sma dari salah satu sekolah di jakarta barat, saya akan mengikuti program sekolah ke luar negeri, tapi saya belum mempunyai paspor. Dan saya belum mempunyai KTP, serta ortu saya tidak membuat surat nikah, serta kartu pelajar dari sekolah masih ada sedikit kendala, tapi kalau KK ada, kira-kira bisa bikin nggak ya? Mohon pencerahannya pak
    Terima Kasih

  189. sutiono says:

    pak aku sdh punya paspor dlu msih umur 15 thun trs krj d luar negri krn kurang ckup umur wktu itu di tua kn,trs skrng mau krj ke luar negri lgi tp paspor hrs sama dgn data di ktp,akte,ijazah trs boleh gk pak paspor yg lama untuk tahun kelahiran di rubah lagi ke data yg sama yg trcantum di ktp,akte,ijazah trsbut

    • Budiarjo says:

      maaf ini adalah pelanggaran hukum, kami tidak bisa bantu.silahkan anda langsung datang saja ke kantor imigrasi untuk solusinya

  190. cindy says:

    Pak aku mau tanya.. kalau anak dibawah umur yang orang tuanya bercerai persyaratannya gimana?

    • Budiarjo says:

      silahkan email saja ke kami jika ingin menggunakan jasa kami

      • istiqomah says:

        Sy mau tanya pak,, sy telah berkawin dengan orang malaysia dan saat ni sy masih berkerja di sebuah kilang, dan pasport sy saat ni masih menggunakan pasport pekerja! Sy mau tanya apakan boleh/bisa seandainya sy menukar pasport pekerja sy menjadi pasport mengikut suami?? Boleh apa gk?? Tanpa balik dahulu ke indonesia. Mohon penjelasanya terima kasih

  191. hengki says:

    Pak, kalau ttd paspor sama ktp berbeda, bermasalah ga?

  192. kamsiyah says:

    Bagaimana cara membuat paspor bagi orang yang berumur 61 tahun pak? terima kasih

  193. melinda says:

    Pak saya buat paspor smua berkasnya ada kecuali saya ga ada kk,gmn ya pak?

  194. andria rasya says:

    bagaimana cara Pembuatan Pasport baru.. jika Pasport yg lama di ambil imigrasi saat pulang ke indonesia dari Pelabuhan.
    karna ada sepupu Q yg baru buat Pasport di thn 2012 di kedutaan Indonesia yg di Malaysia.
    dan sesampai di Pelabuhan tanjung pinang Pasport nya di ambil pihak imigrasi karna tertangkap dan di pulangkan ke indonesia.. di karnakan visa izin tinggal sudah lama habis.

  195. suharti says:

    bagaimana caranya mengurus paspor bila sudah pernah punya paspor (haji) tapi hilang, karena diatas tercantum harus mencantumkan paspor yang lama terima kasih.

    • Budiarjo says:

      posisi ini tergantung. jika anda dulu bikin paspor hajinya di bawah tahun 2005 dan belum pernah di perpanjang maka bisa bikin baru. tapi kalau bikin di atas 2005 maka wajib proses paspor hilang

  196. Apandi says:

    Pak,, kalo mau bikin paspor, nama di akte/ijazah/surat nikah beda sama KT bisa ga pak?

  197. Apandi says:

    Pak,, kalo mau bikin paspor, nama di akte/ijazah/surat nikah beda sama KTP bisa ga pak?

  198. wino says:

    pa mau nanya dong, ko saya coba bikin via online tapi tanggal tersedia buat interviewnya 28 hari y pa?
    padahal katanya bikin passport bisa 3-4 hari.
    terimakasih sbelumnya pa.

  199. ana says:

    Selamat malam
    Pa saya mau tanya klu ktp saya RT/RW berbeda dengan KK apakah bisa buat paspor ?

  200. silvi says:

    Mohon bantuannya,
    Anak saya usia 10 bulan, mau bikin paspor, akte lahir sudah ada, tetapi di kartu keluarga anak saya blm terdaftar. Apakah bisa? Terima kasih

  201. faisal says:

    maaf pak, mau tanya: saya mau ngurus pasport baru tapi KTP saya dalam pengurusan di kantor camat. kalau KK saya ada. gimana tu pak. boleh apa tidak KTP nya di ganti pakai surat keterangan dalam pengurusan. trima kasih. harap balas ke email saya ya pak

  202. lala says:

    pak mau tanya kalau tanggal lahir di kk berbeda dengan yang ada di ktp. apa bisa untuk buat paspor ?

  203. Desti says:

    Pak, saya sudah daftar online. Tapi, sewaktu saya ke kantor imigrasi, ditolak pak, soalnya ktp saya masih ktp lama, bukan e-ktp.. jadi bagaimana pak?

    • Budiarjo says:

      ktp lama tidak masalah. yang bisa jadi ditolak adalah karena beda NIK, beda ejaan nama,beda alamat, beda tgl lahir. selama data sinkron tidak akan ditolak

  204. Enok Nurlia says:

    pak gimana kalau nama dalam KTP, KK di singkat misalnya E. Nurlia tapi dalam Ijasah dan akte Enok Nurlia dan pernah buat paspor dengan nama Enok Nurlia sekarang mau perpanjangan pasport apakah tidak akan ada kesulitan?, terimakasih sebelumnya

  205. Arul says:

    Maaf Pak,.saya mau tanya.
    Saya mau buat paspor.syarat dokumen saya lengkap semua.
    Tapi ada penulisan nama saya di ijazah SD,.SMP,.STM & KTP beda 1 huruf sama di AKTE.
    Cuma beda 1 huruf terakhir saja.
    Apa itu sebuah msalah,.apa masih bisa saya buat Paspor. Trima kasih pak.

  206. Tuti says:

    Selamat siang Pak Budi,
    Saya mau buat paspor anak. Tapi buku nikah kami ketelisut belum ketemu. Apakah bisa diganti dokumen lain misal akte lahir suami dan saya? Terima kasih.

  207. surya says:

    Pak saya mau nanya pak ibuk saya mau ngurus pasport umur nya 51 taun cuma punya ktp,ksk sama buku nikah aja gmn bisa gagk??
    Sedangkan ijazah nya ketelisut
    Mohon di bales pak
    Terima kasih

  208. Robiatul says:

    Pak. . Sya pernah punya paspor 6 thn lalu dan krn paspor itu hilang sya mau apply papor hilang. Tp nama paspor yg lama beda dg nama paspor baru yg akan sya buat. Contoh : yg dulu hasan fauzi dan yg akan sya ajukan muhammad hasan. Mohon solusinya terimaksih

    • Budiarjo says:

      kenapa beda nama?

      kan imigrasi dulu menerbitkan paspor anda tentunya dengan dokumen yang anda berikan

  209. Yoga Prasetiyo says:

    Permisi pak budi, kalo KTP saya dan KK saya beda RT/RW akibat pemegaran, itu harus bikin PM1, PM1 bisa di wakilkan gak ya? karena saya ada di luar kota dan tidak bisa pulang dalam waktu dekat sedangkan alamat KTP dan KK di Bogor

  210. deny nurianto says:

    Selamat siang pak. Saya mau bikin paspor, kelengkapan dokumen yg sy punya hanya ,ktp,kk dan ijasah. Cuma nama di ijasah ada kesalahan ketik pak. Klo di kk & ktp deny nurianto, sedangkan di ijasah deni nurianto. Kira kira bisa gk ya untuk urus bikin paspor. Tks.

    • Budiarjo says:

      masa ia salah ketik? pasati nama itu diambil dari akte lahir anda??

      bisa bikin surat pm1 saja kalau kasus seperti itu sudah cukup

  211. hafdillah says:

    izin bertanya pak,bila kita ke kantor waktu foto dan wawancara hanya membawa fotocopy KTP,KK,AKTA,IJAZAH apa bisa pak?yang aslinya tidak dibawa

  212. Prasetyo Mc Fadden says:

    selamat pagi pak, saya ingin bertanya
    saya ingin membuat pasport, tapi KTP terbaru saya belom selesai di urus, hanya ada Fotocopy KTP dll karena status saya yang pindah tempat tinggal dari DKI ke Kota Depok jadi KTP terbaru/ KTP Depok saya belom selesai di urus,
    apakah saya bisa membuat pasport dengan fotocopy KTP??

    thanks

  213. Ayunda says:

    Pak saya mau tanya.saya mau buat paspor anak saya umur 6 tahun.saya sudah bercerai.apa perlu surat hak asuk anak dari pengadilan agama?karena mereka hanya memberikan akta cerai saja.tidak ada hak pengasuhan anak karena tidak ada gugatan cerai dalam hal itu(cerai secara baik”).apakah bisa saya hanya melampirkan akta cerai dari PA saja untuk buat paspor anak?
    Karena pihak PA tidak bisa mengeluarkan surat hak asuh anak jika sebelumnya tidak ada gugatan atas masalah tersebut.
    Atau kah saya bisa melampirkan surat pernyataan dari bpk kandung ank saya/mantan suami saya yg menyatakan bahwa hak asuh anak ada ditangan saya/istri?dan pernyataan mengijinkan anak saya membuat paspor?
    Mohon info nya ya pak.
    Terima kasih.

  214. devi says:

    Mau tnya pak

    EKTP saya sedang dalam proses pembuatan dan kecamatan bilang blangko sedang habis, jadi sya minta EKTP SEMENTARA,.
    apakah dalam pembuatan paspor ini bisa menggunakan ektp sementara?
    tx

  215. Yeli says:

    Pak saya mau tanya, kalau mau buat paspor pertama kali dan hanya ada KTP, KK sedangkan akta ada tapi tgl lahirnya salah. Apakah msih di gunakan?

  216. Zefanya says:

    Pak surat pm 1 itu apa ya? Dan apakah susah untuk mengurus nya?

  217. putu kepramareni says:

    pak, mau bertanya klu utk anak yg blm punya ktp, pada saat mengisi data kan diminta ktp/nik, karena blm punya ktp berarti pakai NIK yg ada di kartu keluarga ya ?
    masalahnya adalah utk tgl berlaku sampai kapan nya utk kartu keluarga diisi sampai tgl berapa ya ? krn kolom tersebut tdk boleh kosong
    terimakasih

  218. Baiti says:

    Pak umur saya 18 tahun belum menikah baru tamat sma dan belum bekerja buat passportnya harus pake surat izin orang tua sama surat perjanjian dan keterangan dari lurah belum bekerja dan tidak akan bekerja di luar negri?

  219. santika dwi chairani says:

    mas , ibu saya udh daftar online, tapi pas mau bayar melalui atm selalu gak bisa dan selalu gangguan sistem offline, pdhl ada uangnya di atm . Itu kenapa ya ? kalau bayar lgsg caranya gimana ?

  220. yuni says:

    kenapa suami saya bikin paspor dipersulit sama depnaker,petugas depnaker tidak mau mengeluarkan surat rekomendasi permohonan paspor tki klo tidak ada visa dan kontrak jerja setau saya paspor dulu baru visa,itu gimana pak siapa yg salah?

  221. bagas says:

    kalo mau krja di malaysia..ijasah SMP apa bisa?

  222. Hestin Rahmanita says:

    Pak, saya mau nanya. Saya mau ganti paspor karena masa berlaku sudah habis. Data di paspor lama mengikuti akta lahir. Ketika mengajukan berkas untuk membuat paspor baru, ditolak karena tempat lahir di KTP dan akta lahir berbeda. data KK dan KTP sama. Diminta untuk mengurus surat keterangan di Kecamatan. Mohon penjelasannya pak, itu surat keterangan domisili atau keterangan lahir?

    • Budiarjo says:

      itu anda sudah di kasih jawaban kan, Diminta untuk mengurus surat keterangan di Kecamatan. ikuti saja langkahnya

  223. roy says:

    apa sengaja web imigrasi dibuat selemot itu, buat kesempatan buat para calo?

  224. Ridawati Manik says:

    Hallo, PAK, mau tanya, saya rencana mau urus pasport. ijasah, KK dan KTP sudah ada. cuma yang buat saya bingung APAKAH KTP biasa bisa digunakan untuk mengurus pasport? E-KTP saya belum ada. Terima kasih.

  225. ahmad ropangi says:

    Pak.apa syarat bikin paspor tenaga kerja..untuk di batam

  226. jhon petrus says:

    Pak,
    saya dulu punya paspor tki tapi sudah habis masa berlakunya, kebetulan saya mau buat baru karena dalam waktu dekat ini mau dipergunakan untuk seminar keluar negeri untuk pendidikan S2 saya, disinilah permasalahan nya Pak karena data2 paspor baru saya di tolak karena data paspor lama saya, sementara menurut pihak imigrasi mereka minta surat rekomendasi dari perusahaan penyalur tki saya dulu, tapi sekarang perusahaan nya sudah tutup, dan pihak disnaker pun gak bisa terbit kan surat rekomendasi untuk hal itu,, sehingga masalah paspor saya demikian jadi nya,, gimana itu penyelesaian nya Pak?
    trims

  227. Anis fauziyah says:

    Selamat siang pak .
    Saya dulu pernah ada paspor TKI pada tahun 2006 .
    Dan sekarang saya mau bikin paspor umum apa bisa .dan prosesnya bagaimana pak ..terimakasih atas jawabanbya ..

  228. arfian says:

    Salam. Pak, saya mau tanya. September 2015 saya daftar paspor online dan memilih tempat pembuatan di Kanim III Kediri, sukses. Sekarang, saya mau membuat paspor untuk anak saya dengan tempat yang sama. Tetapi ketika apply online, Kanim III Kediri tidak tersedia di Opsi. Apakah memang Kanim III sudah tidak melayani pembuatan paspor? atau tidak melayani online? atau server eror atau bagaimana? thanks infonya.

  229. Yohanes SC says:

    Tanya klo nama di KTP dan Kartu Keluarga sama tapi Nama di Ijasah Berbeda, apakah bisa bikin Passport?, Thx be 4

  230. ivanella says:

    Pak kalo akte lahir bisa diganti ijazah ga? trs ijazahnya ijazah apa? ijazah S-1 ato ijazah sma? Trimakasih

  231. Yazid says:

    Assalamualaikum, mau tanya, bisa ngak si anak bikin paspor indonesia jika sijil nikah ibu bapa ngak sah ( Ibunya pemegang paspor, ayahnya pemegang IC Malaysia ) , Tapi nikah ngak sah, bukankah anak automatis ikut ibunya? Tapi malangnya ibunya kini ngak ditahu dimana keberadaannya, begitu juga ayahnya. Saya bingung, apapun saya ni cuma kawan kepada anak yang ingin memohon paspor itu. Mohon penjelasan dari pihak tuan/puan. Terima kasih.

  232. Arip ridwan says:

    Saya mau tanya ,misalkan di akte beda na dengan kk dan ktp ap bisa bikin?
    Contoh nya di akte Arip,di KK Arif,beda huruf P sama F
    Terimakasih

  233. Hestin Rahmanita says:

    Hari ini, Saya baru mengambil paspor baru namun dari Pihak Imigrasi tidak memberikan paspor lama saya dengan alasan itu adalah milik negara harus dikembalikan ke negara. Di Kantor Imigasri lain paspor lama dikembalikan bahkan tanpa diminta. Sementara kalo kita mengajukan visa ke negara-negara tertentu kan diminta paspor lamanya yang sudah ada cap atau visa ke negara lain. Apa benar paspor lama itu wajib diambil pak?

  234. julia yanti says:

    Gan Syarat membuat paspor untuk anak dibawah umur yang tidak memiliki kedua orang tuanya bagaimana ya gan.

  235. julia yanti says:

    Tolong dong gan di jawab ya.
    Apa bisa pakai ktp tante saya gan.
    Tapi tante saya belum nikah

Leave a Reply to arie Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>