BACKPACKING PERTAMA KE SINGAPURA

Sudah lama sekali keinginan untuk pergi ke luar negri menjadi cita cita saya sejak masih kecil,
dan pada akhirnya tahun 2012 menjadi tahun pertama saya bisa jalan jalan ke luar negri, YESS.
Singapura adalah negara pertama yang saya pilih sebagai negara pertama saya karna sebagian besar orang
indonesia pergi ke sana sebagai tempat liburan karna jaraknya yang dekat, dengan jarak dua jam kita sudah bisa berpindah negara HAHA.
Dimulai dengan searching bagaimana cara membuat paspor dan hunting tiket dengan cara bertanya sana sini di group
backpacker ahirnya keduanya bisa juga didapatkan.

1. Persiapan

Sama seperti bepergian kemanapun, modal utama yang harus kita siapkan adalah paspor dan tiket.
Untuk tiket pesawat saya sudah siapkan jauh jauh hari untuk mendapatkan harga yang murah tentunya. Banyak maskapai yang melayani
rute Bandung-Singapura (eh saya orang Garut btw) dengan harga cukup murah meriah, ga sampe harus jual kebon dulu.

2. Itinerary

Itinerary atau jadwal dan rute perjalanan bukan hal yang wajib buat saya, karna pada dasarnya ga suka ada yang ngatur ngatur
termasuka itinerary. Untuk penginapannya sendiri saya cari yang murah aja yang peting bisa tidur dengan nyaman dan saya pilih
hostel untuk para backpacker karna selain harganya murah kita bisa tidur bersama bule bule gitu sambil mencari teman.

3. Packing

Nah ini adalah hal yang kadang gampang gampang susah. Memilih barang apa saja yang akan kita bawa memang bikin mumet
karena saya tidak membeli bagasi jadi barang barang yang dibawa harus benar benar dibutuhkan. tapi disitulah seninya backpacking
jadikira kira inilah barang barang yang saya bawa : beberapa pasang pakaian, sandal sepatu, alat mandi, snack dan gadget.

THE JOURNEY BEGIN

Maaf kalau fotonya rumeuk (gelap) apadaya saya hanya punya handphone Cina. Ini adalah pengalaman pertama saya menulis di blog, saya ingin berbagi cerita dengan orang orang yang
mungkin ga berani pergi ke luar negeri sendiri karna memang butuh keberanian untuk mencobanya, mudah mudahan tulisan saya bisa membantu, nggak melulu tentang apa sih tempat menarik tujuan wisatawan di suatu daerah, bagaimana sih cara menuju kesana, berapa sih harga tiketnya bla bla bla, kalau itu sih bisa saja cari di Google atau beli buku tentang backpacking ke negara A atau B. Yah intinya sih Cuma mau berbagi cerita dan pengalaman pribadi karena pergi ke luar negeri sendiri ga seseram yang dibayangkan.

CHANGI AIRPORT

Hari pertama sampai di Changi Airport, ini bandara keren banget seharian mungkin ga akan cukup kalau mau
muterin ini bandara dan bagi yang pertama kali ke sini pasti bandara ini bikin kita pusing saking GEDEnya, setelah urusan keimigrasian selesai sayapun mencari hostel yang telah dibooking sebelumnya. nah mengenai transfortasi yang
digunakan untuk keluar dari Airport ini kita bisa menggunakan MRT dengan membeli cartu Ez-link terlebih dahulu.
setelah pencarian panjang tanya sana tanya sini akhirnya sampai juga di hostel.

MERLION I’AM COMING…


kalau kata orang belum ke Singapura kalau belum ke patung merlion ini. Mainstream sih, tapi mau gimana lagi
toh semua orang juga foto di sini, sampe susah mau difoto karena orang orang pada berebut mau difoto lumayan bisa foto dengan salah satu patung paling terkenal di dunia .
Patung Merlion ini sebagai icon dari negara Singapura.
Semua orang yang pertama kali datang ke Singapura pasti berfoto di sini. Saya hanya butuh satu sampai dua kali naik MRT ditambah sedikit jalan kaki untuk mencapai ke sini dari tempat saya menginap dan di sini juga biasanya orang orang menghabiskan waktunya untuk sekedar nongkrong dan foto foto. Terdapat banyak restaurant atau cafe yang kita bisa coba datangi tapi harganya termasuk mahal secara Singapura termasuk salah satu negara paling mahal di dunia, untung lah saya membawa banyak snack dari negara tercinta karna tau kalau di sini smuanya mahal, untuk air mineral 600ml saja yang saya beli dari daerah Merlion ini saya harus membayarnya seharga SGD 3,5 itu sama dengan 35 ribu rupiah, mahal kan??

UNIVERSAL STUDIOS

Icon lain Singapura selain Merlion adalah Universal Studios,  merupakan wahana bermain Universal Studios yang pertama kali dibuka di wilayah Asia Tenggara dan merupakan kedua setelah Universal Studios Japan. Taman bermain bertema film-film terkenal Hollywood produksi Universal Studios ini terletak di pulau sentosa. Sentosa adalah nama sebuah pulau di Singapura yang terkenal sebagai tempat berlibur, luas pulau Sentosa makin hari makin bertambah karena Singapura mereklamasikan wilayahnya dengan mengimpor pasir dari kepulauan Riau, Indonesia. Untuk mencapai ke sini lumayan jauh dari tempat saya menginap sampai harus beberapa kali berganti MRT untuk sampai ke sini, untuk tiket masuknya lumayan mahal sekitar 700 ribu rupiah, saya hanya berfoto di depan logo Universal karena gratis tanpa masuk kedalam karena harganya cukup mahal buat saya karena memang Universl Studios ini sangat megah sekali.

ORCHARD ROAD

 

Surga bagi para pecinta belanja merupakan pusat perbelanjaan paling terkenal di Asia, adalah rumah bagi fashion favorit, toko-toko ritel, dan banyak lagi pilihan gaya hidup lainnya.  jalan sepanjang 2,2 km ini dipenuhi dengan brand terkenal di dunia. Lumayan jalan jalan ke sini bisa window shopping karna liat harganya aja bisa bikin saya sakit mata karna harga harga barang di sini lumayan ga masuk akan buat saya, tapi kalau kamu merasa orang kaya banyak duit menyukai brand terkenal cobalah datang ke sini.

 

ARAB STREET

Salah satu tempat ngupoi paling enak atau sekedar bersantai ketika sore hari. Yuupp arab street merupakan salah satu tempat nongkrong yang paling bagus ketika kita berada di singapura, tempatnya yang cukup sederhana hanya jajaran kursi yang dijejer di pinggir jalan gang tapi tempat ini sangat instagrammable bagi kita yang suka foto, banyak para turis yang menghabiskan waktunya untuk sekedar duduk duduk minum di sepanjang jalan ini. Di daerah ini jega terdapat salah stau mesjid terbesar di Singapura yang bernama Mesjid Sultan.

HOLIDAY IS OVER!!

Perjalanan pertama saya ke Singapura sekaligus perjalanan pertama saya ke luar negri memberikan saya banyak pelajaran, saya bertemu dengan teman teman dengan berbagai warganegara ketika di hostel, saya bisa merasakan makanan yang belum saya pernah coba, saya begitu kagum negara ini dengan kebersihannya selama di Singapura saya hampir tidak menemukan sampah di sepanjang jalan jalan yang saya lewati, saya sangat terkesan dengan orang Singapura yang ketika kita meminta bantuan mereka pasti menolong kita dengan maksimal saya sampai diantar kedepan hostel ketika menanyakan alamat hotel padahal jarak yang cukup jauh , dan begitu banyak perlajaran berharga yang saya dapatkan dari trip pertama saya ini. Saya sempat berjanji pada diri saya sendiri untuk datang lagi ke Singapura dan alhamdulillah pada saat tulisan ini ditulis yaitu sudah tahun 2018 saya sudah 5 kali mengunjungi Singapura.

TIPS JALAN JALAN KE SINGAPURA

  • Tidak usah hawatir kalau tidak bisa bahasa inggris toh kita bisa menggunakan bahasa isyarat
  • Jangan malu untuk bertanya ketika kita menanyakan alamat, mereka akan membatu kita dengan baik
  • Kurangin jajan sebelum pergi ke sana karna di sana semua muahal
  • Singapura adalah negara yang super aman jadi jangan terlalu khawatir
  • Rencanakan perjalananmu jangan banyak mikir haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *